Mengintip Keindahan Riam kanan, Kalimantan Selatan.

Kalimantan selatan yang ber Ibu Kotakan Banjarmasin memiliki banyak sekali keindahan alam yang masih alami, Destinasi Wisata Kalsel  yang sekarang sedang hangat diperbincangkan di media sosial adalah Riam kanan.
Riam kanan merupakan salah satu kawasan wisata yang harus anda kunjungi bila sedang berada di Kalimantan selatan. Riam kanan terletak di Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar. Menuju Riam kanan sendiri dapat ditempuh sekitar 60 menit dari Bandara Udara Syamsudinnor Banjarmasin menggunakan jalur darat. Kawasan yang cukup jauh dari perkotaan dan memiliki beragam keindahan alam yang sungguh memanjakan mata dan menyejukkan hati penikmatnya, Salah duanya adalah Bukit Matang Kaladan dan Pulau Sirang.


Bukit Matang Kaladan :

Bukit ini terletak di Desa Tiwingan Baru, Kecamatan Aranio, Riam kanan.
Sampai dibendungan riam kanan dan parkirkanlah kendaraan anda, selanjutnya anda akan berjalan ke arah utara melewati jembatan dan sebuah perkampungan. Atau anda bisa menanyakan langsung jalan menuju puncak Bukit Matang kaladan kepada petugas parkir atau warga sekitar, jangan khawatir warga kalimantan selatan semuanya ramah, jadi jangan sungkan-sungkan untuk bertanya. hehe
Sebelum menaiki bukit, anda harus membayar Rp.3000/orang, biasanya ada kakek yang menjaga di perkampungan sebelum jalur menuju bukit matang kaladan.

Diperkirakan dapat menaklukan bukit ini sekitar 30-50 menit karena tergantung stamina, kegigihan dan air minum masing-masing. kemiringan tanjakan sampi 45 derajat dan kabar baiknya warga sekitar sudah membuatkan semacam tali untuk berpegangan dan membuat anak tangga seadanya.


Sesampainya di puncak Bukit Matang kaladan anda akan di sambut oleh sebuah bendera merah putih yang gagah berkibar.
Anda bisa melihat pemangadangan yang keren, sebuah pemandangan yang hanya bisa anda lihat di sini, Puncak Bukit Matang kaladan, Kalimantan Selatan.
Bukit Matang kaladan mempunyai 2 view yang berbeda, anda bisa meihat indah dan gagahnya hamparan perbukitan



atau anda dapat menyaksikan kombinasi air, pulau-pulau kecil dan bukit.



Sungguh indah pemandangan dari atas puncak matang kaladan dan juga budget yang harus di keluarkan tidak terlalu banyak. 
Jadi kapan menginjakkan kaki di Bukit matang kaladan?


Pulau sirang :

Pulau sirang juga terletak di Riam Kanan, Kecamatan Aranio, Kalimantan Selatan. Berbeda dengan Bukit Matang Kaladan yang harus mengeluarkan keringat untuk sampai di puncak, menuju Pulau sirang anda hanya duduk manis di atas klotok (perahu bermesin) sekitar 30 sampai 50 menit dan selama itu pula anda tidak akan bosan karena pemandangan waduk Riam kanan yang akan. Harga sewa klotok Pulang pergi dari dermaga Riam kanan dengan tujuan Pulau sirang sekitar 400k untuk satu klotok.

Pulau yang cukup luas ini di tengah-tengahya ditumbuhi oleh beberapa pohon besar dan tinggi yang membuat tempat ini jadi lebih bagus dan sangat santai untuk di kunjungi.


Di Pulau ini anda bisa melihat bukit-bukit yang mengelilingi, melihat tenang dan jernihnya air danau. Pulau yang cocok untuk bersantai di musim kemarau atau panas. karena kalau musim hujan Pulau ini akan tenggelam karena debit air waduk yang meningkat.


Pulau sirang merupakan tempat yang tepat untuk beranjak pergi dari gemuruhnya jalanan kota, bersantai bersama teman, kerabat ataupun keluarga, tak perlu jauh-jauh menyebrangi benua, cukup di sini Pulau Sirang dengan segala kearifannya anda akan mendapat hal yang luar biasa.

Saya berfikir, mungkin Tuhan sedang tersenyum saat menciptakan Riam Kanan dan segala Destinasi Wisata Kalselnya.Tuhan sudah menciptakan keindahannya dengan sedemikian rupa, maka tugas kita untuk menjaganya, menjaga untuk tidak membuang sampah sembarangan, menjaga untuk tidak mengotori keindahan alam. Agar nantinya orang-orang dan penerus kita dapat menyaksikan hal yang sama dengan apa yang kita saksikan dan saat kita kembali pemandangannya akan tetap bagus dan akan selalu menarik untuk kembali dikunjungi.

Jadi kapan anda akan menyaksikan sendiri keindahan Bukit matang kaladan dan pulau sirang?


Oh iya, selain keindahan alamnya, kalimantan selatan juga dikenal dengan masyarakatnya yang sangat ramah terbukti dengan agamisnya masyarakat Kalimantan Selatan. Keramah tamahan Kalimantan selatan dan juga Indonesia sudah diaplikasikan Garuda Indonesia dalam ikon yang memanjakan panca indra. Garuda Indonesia sudah menciptakan ciri khas yang membuat bangga masyarakat Kalimantan selatan juga Indonesia.

Mungkin yang masih penasaran tentang indahnya Riam kanan, silakan tonton video ini :)




lomba blog wisata kalsel
Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

Silakan mba, sekarang wisatanya sudah diatur oleh warga sekitar jadi ada beberapa spot untuk berofoto

Balas